Kenapa Harus Investasi Saham?

Kenapa Harus Investasi Saham?

Kenapa harus investasi saham? Pertanyaan ini banyak disampaikan orang-orang sebelum terjun ke dunia saham. Investasi saham sudah populer dilakukan untuk menambah nilai kekayaan. Namun, selain menambah kekayaan, apakah ada alasan lain untuk melakukan investasi? Berikut pembahasannya.

Keuntungan Tinggi

Keuntungan investasi saham berasal dari dua hal, yaitu capital gain dan dividen. Capital gain adalah keuntungan yang didapat dari bertambahnya nilai sebuah saham, sedangkan dividen adalah pembagian keuntungan dari perusahaan kepada para investor.

Hal ini membuat saham memberikan banyak manfaat kepada investor. Selain menunggu harga saham tumbuh dan berkembang, investor juga masih mendapat pembagian keuntungan. Biasanya keuntungan ini, dibayar secara tunai 1-2 kali dalam setahun.

Melewati Inflasi

Di Indonesia sendiri, rata-rata nilai inflasi sekitar 3-5 persen per tahun. Walaupun suku bunga Bank Indonesia (BI) saat ini 6,5 persen per tahun, menyimpan uang di bank masih kurang efektif dilakukan. Karena uang akan lambat berkembang dan lambat laun akan berkurang.

Namun, berbeda jika berinvestasi atau menyimpan uang pada saham. Jika tepat memilih saham, maka uang yang diinvestasikan dapat tumbuh puluhan hingga ratusan kali dalam setahun. Tentunya, ini akan sangat jauh dibandingkan dengan memendam uang hanya di bank.

Menabung dan Membangun Kekayaan Jangka Panjang

Pada masa sekarang ini, budaya konsumtif sangat kuat di masyarakat, khususnya anak muda yang terkadang sangat boros dalam pengeluaran. Padahal, uang yang dihasilkan terkadang tidak sebanding dengan pengeluaran.

Investasi saham sangat bagus untuk membentuk mental keuangan. Investasi saham yang dilakukan secara konsisten dalam jangka waktu yang lama akan menambah kekayaan. Sehingga di masa mendatang seseorang akan punya banyak tabungan.

Investor juga tidak perlu pusing, karena yang bekerja adalah uang. Ketika tidur pun, uang tetap akan bekerja dan menghasilkan. Walaupun untuk mendapatkan hasil maksimal perlu modal yang cukup besar, tetapi walaupun sedikit, uang akan lebih terarah dan aman.

Menjadi Pemilik Sebagian Perusahaan

Membeli saham berarti membeli sebagian perusahaan. Ini sama halnya ketika seseorang membangun bisnis, namun bedanya pemegang saham tidak perlu bekerja, tetapi hanya memantau dan menilai perkembangan perusahaan.

Hal ini tentunya bagus untuk menambah wawasan dan pengalaman. Setidaknya, seorang investor akan mengerti tentang laporan dan arus kas keuangan perusahaan. Selain itu, investor akan memahami bagaiman sistem manajemen dan strategi pemasaran.

Akses Mudah

Investasi saham sebenarnya sudah populer sejak masa lalu. Namun, karena keterbatasan akses dan informasi, banyak orang tidak mampu berinvestasi saham. Alhasil, pertumbuhan ekonomi pada masa itu sangat lambat dan tidak ada perkembangan.

Salah satu alasan negara maju memiliki ekonomi yang kuat adalah dari pasar saham. Hampir setiap negara memiliki pasar modal masing-masing untuk meningkatkan jumlah investor saham. Pada masa sekarang, dengan akses yang mudah, sudah saatnya untuk melek dan mulai berinvestasi saham.

Namun, perlu diingat, dalam berinvestasi saham tidak ada prediksi yang 100 persen benar. Kurangnya pengetahuan dalam berinvestasi saham hanya akan mendatangkan kerugian. Cobalah untuk terus menambah wawasan untuk memperbesar keuntungan investasi dan mengurangi risiko kerugian.

Kesimpulan: Kenapa harus berinvestasi saham? Karena saham memiliki banyak keuntungan. Keuangan akan lebih terarah dan jauh dari pengeluaran yang tidak diperlukan. Selain menambah kekayaan, pola pikir keuangan akan berubah ke arah yang lebih berkembang.

Posting Komentar untuk "Kenapa Harus Investasi Saham?"