4 Saham Rutin Bagi Devidend Gede Setiap Tahun

4 Saham Rutin Bagi Devidend Gede Setiap Tahun

Deviden merupakan salah satu daya tarik tersendiri bagi para investor. Keuntungan perusahaan akan dibayar kepada investor secara tunai, tentunya ini dapat menjadi pendapatan pasif yang positif bagi para investor, sambil menunggu sahamnya berkembang.

Ada beberapa saham di Bursa Efek Indonesia (BEI) yang rutin membagikan deviden besar setiap tahun, kebanyakan berasal dari sektor pertambangan. Apa saja saham yang rutin membagikan deviden besar setiap tahun? Berikut penjelasan lengkapnya.

1. PT Adaro Energy Indonesia Tbk. (ADRO)

ADRO adalah perusahaan yang bergerak di sektor minyak, gas, dan batu bara, termasuk juga saham syariah di Indonesia. ADRO memiliki market cap senilai Rp.110 triliun, dengan jumlah saham beredar sekitar 31 miliar lembar saham.

Selain laba yang tinggi, ADRO juga rutin membagikan deviden besar setiap tahun. Pada Mei 2024, ADRO tercatat membagikan deviden terbesar dengan dividen yield sekitar 18 persen, kemudian tahun 2023 sekitar 15 persen, dan tahun 2022 sekitar 7 persen.

Payout ratio deviden yang diberikan juga tergolong besar. Pada tahun 2023, ADRO tercatat menghasilkan pendapatan bersih senilai Rp.25 triliun, dan 81 persennya dibagikan kepada para investor melalui deviden.

2. PT. Bukit Asam Tbk. (PTBA)

PTBA juga termasuk perusahaan yang bergerak di sektor pertambangan batu bara. Pada tahun 2023, PTBA berhasil membukukan pendapatan bersih senilai Rp.6,1 triliun. PTBA saat ini memiliki kapitalisasi pasar senilai Rp.31 triliun, dengan jumlah saham beredar sebanyak 11 miliar lembar saham.

Pada bulan Mei tahun 2024, PTBA membagikan deviden dengan nilai 397 per lembar, yang mana pada saat itu harga saham sekitar 3.100 per lembar saham. Artinya, nilai deviden yield yang diberikan sekitar 14,6 persen.

3. PT. Indo Tambangnya Megah Tbk. (ITMG)

Masih dari sektor pertambangan, ITMG tercatat membagikan deviden pada bulan Mei tahun 2024 sebesar 1.747 saat harga saham sekitar 24.800, atau dengan deviden yield sekitar 7 persen. ITMG akan membagi deviden kedua dengan nilai 1.228, pada tanggal 25 September 2024 mendatang

4. PT. Puradelta Lestari Tbk. (DMAS)

DMAS adalah saham dari perusahaan properti dan real estate syariah. DMAS memiliki market cap senilai Rp.7,9 triliun dengan jumlah saham beredar sekitar 48 miliar lembar saham. Pada tahun 2023, DMAS berhasil membukukan pendapatan bersih senilai Rp.1,2 triliun.

Dari nilai pendapatan bersih tersebut, 66 persen dibagikan kepada para investor. DMAS membagikan deviden dengan deviden yield sebesar 13,4 persen. Nilai ini membuat DMAS menjadi perusahan dari sektor properti yang membagikan deviden paling besar.

Sekian artikel tentang saham-saham yang rutin membagikan deviden besar yang dapat penulis sampaikan. Ada beberapa pendapat bahwa saham yang membagikan deviden terlalu tinggi kurang bagus, karena seharusnya dana dari pendapatan dapat dialokasikan lagi untuk pengembangan bisnis.

Disclaimer: Artikel ini tidak mengajak untuk membeli atau menjual suatu saham. Dalam berinvestasi, banyak faktor penentu kesusksesan investasi saham, tetap perhatikan fundamental saham sebelum membelinya.

Posting Komentar untuk "4 Saham Rutin Bagi Devidend Gede Setiap Tahun"