4 Jenis Trader Di Pasar Modal

4 Jenis Trader Di Bursa Saham

Trading saham adalah salah satu cara bermain saham yang sering dilakukan, khususnya oleh anak anak muda. Trading saham merupakan kegiatan jual beli saham yang dilakukan dalam jangka waktu pendek. Orang yang melakukan trading biasa disebut trader.

Perlu diketahui, terdapat beberapa jenis trader yang umum di bursa saham. Berdasarkan jangka waktu tradingnya, trader dibagi menjadi 4 jenis yaitu: scalper, day trader, swing trader, dan position trader. Untuk lebih lengkapnya, berikut penjelasannya.

1. Scalper

Trader ini adalah jenis paling terkenal, di antara jenis trader lain bung. Trader ini melakukan transaksi trading dengan waktu paling singkat dibandingkan trader lain. Biasanya scalper melakukan transaksi trading hanya hitungan jam bahkan menit. 

Analisis andalanya sudah pasti pendakatan teknikal, yaitu analisis yang melihat history pergerakan nilai saham di masa lalu. Analisis teknikal dibantu dengan perangkat statistik seperti grafik dan rumus matematik.

2. Day Trader

Trader jenis ini biasanya melakukan transaksi trading dalam jangka waktu harian. Biasanya trader akan membeli saham sejak dari pasar modal buka, sampai bursa tutup keesokan harinya. Namun jika dirasa target belum tercapai, tidak jarang saham akan ditahan samapi keesoka harinya.

3. Swing Trader

Swing trader adalah pengembangan dari day trader. Awalnya trader hanya melakukan transaksi trading harian saja. Namun karena beberapa alasan, trader ini akan menahan saham yang dibeli hingga beberapa hari ke depan, sebelum akhirnya dijual.

4. Position Trader

Trader jenis ini adalah trader yang paling lama menahan sahamnya di bursa saham. Position trader akan menahan sahamnya hingga berbulan-bulan. Analisis yang dipakai tidak hanya pendekatan teknikal, tetapi juga analisis fundamental.

Analisis fundamental adalah melihat kondisi dan nilai intrinsik perusahaan. Kondisi perusahaan yang dilihat seperti pimpinan, bidang bisnis, dan keuntungan. Sedangkan nilai intrinsik yang dilihat dalah harga wajar saham, umumnya dapat diketahui dengan menilai valusai saham.

Posting Komentar untuk "4 Jenis Trader Di Pasar Modal"