BBRI Hari Ini: 26 Agustus 2024

BBRI Hari Ini: 26 Agustus 2024

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) hari ini (26/8/24) kembali mengalami kenaikan. IHSG mengalami kenaikan sebesar 61,90 poin atau sekitar 0,82 %, dan ditutup dengan nilai 7.606,20 pada pukul 15.45 WIB.

Hal ini juga membuat beberapa saham IHSG mengalami kenaikan termasuk saham BBRI. Harga saham BBRI hari ini naik 150 poin atau sekitar 2,91 % dari pekan sebelumnya. Nilai saham BBRI sempat menyentuh angka 5.325 antara pukul 14.30 sampai 15.00 WIB, sebelum akhirnya ditutup di angka 5.300.

Artinya harga saham BBRI sudah naik hampir 20 % dari harga terendah yaitu 4.100 pada tanggal 19 Juni 2024 dalam satu tahun terakhir. Sebelumnya harga saham BBRI mencapai harga tertinggi di tahun 2024 yaitu 6.400 sebelum akhirnya turun hampir 30 % ke angka 4.100.

BBRI termasuk saham blue chip dan merupakan top four bank di IHSG. Dengan market cap sekitar 800 triliun dan jumlah saham beredar 151 miliar lembar. Saham BBRI menjadi perusahaan dengan market cap terbesar nomor empat di IHSG.

Jika dilihat dari pendapatan bersih BBRI pada quartel kedua masih stabil sebesar Rp. 13,8 triliun. Walaupun angka ini turun dari quartel pertama sebesar Rp. 15,7 triliun, namun pendapatan saham BBRI masih tergolong besar jika dibandingkan dengan saham perusahaan lain di IHSG.

Saham BBRI merupakan saham yang menggiurkan bagi para investor. Alasannya karena saham BBRI merupakan perusahaan yang kuat dengan manajemen yang bagus. Namun seperti yang diketahui saham besar seperti BBRI sudah memiliki valuasi yang cukup tinggi.

Saham BBRI dijamin bakal terus berkembang dalam waktu yang panjang, karena BBRI menopang hampir sebagian besar perekonomian di Indonesia. Namun valuasi yang dimiliki saham BBRI masih tergolong tinggi, walaupun tidak setinggi tetangga sebelah saham BBCA.

Saham BBRI memiliki valuasi yang tergolong tinggi yaitu dengan Price Book Value (PBV) sebesar 2,63 kali. Selain itu nilai Price Earning Ratio (PER) juga tergolong tinggi yaitu 13,3 kali. Hal ini sebenarnya masih wajar untuk valuasi saham perbankan.

Saham BBRI juga lagi naik daun, karena banyak berita yang menginformasikan bahwa saham BBRI sedang di akuisisi oleh asing. Pada dasarnya hal ini tidak dapat dijadikan tolak ukur pasti dalam melihat fundamental sebuah saham.

Saham BBRI yang di akuisisi oleh asing, secara umum dapat membuat perusahaan tersebut berada di bawah kendali asing. Pengendalian oleh asing inilah yang banyak dinilai dapat memperbaiki dan meningkatkan kualitas sebuah perusahaan di mata masyarakat.

Pihak asing mungin memiliki kepentingan strategis tertentu dalam mengakuisisi perusahaan, seperti mengakses pasar baru, teknologi, atau sumber daya. Ini bisa menarik perhatian karena mungkin mempengaruhi posisi kompetitif perusahaan di pasar global.

Saham BBRI yang di akuisisi asing dapat menjadi informasi tambahan untuk membuat keputusan sebelum membeli saham. Tetapi bukan menjadi tolak ukur utama dalam membeli sebuah saham, tetap melihat fundamental saham secara keseluruhan.Sekian artikel harga saham BBRI hari ini (26/8/1024).

Banyak prinsip yang dapat digunakan dalam berinvestasi saham, setiap orang memiliki prinsip investasi yang berbeda-beda. Namun beberapa tokoh investasi menurut penulis, banyak menggunakan value investing sebagai dasar yang kuat sebelum membeli sebuah saham.

Posting Komentar untuk "BBRI Hari Ini: 26 Agustus 2024"