Mudah! Bermain Saham Modal 100 Ribu

Mudah! Bermain Saham Dengan Modal 100 Ribu

Cara bermain saham di masa sekarang sangat mudah. Investasi saham dapat dilakukan melalui ponsel menggunakan aplikasi dan situs web jasa sekuritas. Beberapa jasa sekuritas telah terbukti aman digunakan dan diawasi langsung oleh OJK.

Investasi di Indonesia dilakukan pada pasar modal yang disebut Bursa Efek Indonesia (BEI). BEI memiliki hampir 900 saham yang sudah terdaftar secara sah. Saham-saham ini dikelompokkan menjadi satu dengan sebutan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG).

Beberapa saham di IHSG ada yang dipasarkan dengan harga 25 ribu per lot. Artinya dengan uang 100 ribu, Anda dapat membeli tiga sampai empat lot saham dalam satu transaksi. Bagaimana cara bermain saham untuk pemula dengan modal 100 ribu? Berikut ini caranya.

1. Menetapkan Tujuan Investasi Saham

Cara bermain saham yang baik, sebaiknya dimulai dengan menetapkan tujuan. Bermain saham secara umum bertujuan untuk mendapatkan penghasilan tambahan dari uang yang diinvestasikan. Ada juga yang berinvestasi untuk menabung, karena menabung di bank uang tidak berkembang dan banyak potongan. Ada juga orang yang bermain saham hanya untuk iseng.

2. Memilih Sekuritas yang Tepat

Ada dua sekuritas yang saya sering gunakan untuk bermain saham, yaitu Stockbit dan Bibit. Bagi investor yang ingin bermain aman, dapat menggunakan Bibit karena di Bibit terdapat fitur reksadana. Jika ingin menggunakan sekuritas yang terlihat profesional, dapat menggunakan Stockbit.

Setelah memilih sekuritas, langkah selanjutnya adalah mendaftarkan diri Anda dan membuat Rekening Dana Nasabah (RDN). Selanjutnya, Anda akan membuat rekening di Bank Jago, yang merupakan bank online terbesar di Indonesia saat ini.

Pembuatan rekening Bank Jago tidak sulit, hanya dilakukan secara online. Rekening Bank Jago berfungsi sebagai penghubung uang Anda antara rekening bank komersial dan rekening dana nasabah. Ketika melakukan penarikan uang dari sekuritas, uang akan masuk ke rekening Bank Jago terlebih dahulu, kemudian bisa ditransfer ke rekening bank komersial.

3. Membeli Saham Murah

Ada hampir 900 saham yang diperjualbelikan di IHSG setiap harinya dengan harga yang bervariasi. Menurut saya, per Agustus 2024 ini, ada beberapa saham bagus yang dapat dibeli dengan harga 100 ribu.

Yang pertama adalah saham Global Mediacom Tbk. (BMTR). Saham ini hanya dijual dengan harga 230 perak per lembar. Minimal pembelian saham adalah 100 lembar atau 1 lot. Artinya Anda dapat membeli 4 lot BMTR dengan harga Rp.92.000.

BMTR adalah saham dari perusahaan yang bergerak di industri media dan hiburan. Perusahaan ini merupakan induk dari perusahaan televisi terkemuka di Indonesia, yaitu PT. MNCN Tbk. Kedua, Clipan Finance Indonesia (CFIN) yang bergerak di bidang jasa keuangan. 

Saham CFIN dijual dengan harga 420 perak per lembar. Perusahaan ini memiliki kapitalisasi pasar senilai Rp.1,6 triliun. Pada kuartal kedua 2024, CFIN berhasil meraih keuntungan bersih sebesar Rp.42 miliar. 

Selanjutnya, ada perusahaan yang bergerak di bidang logistik dan transportasi laut yaitu PT. Samudera Indonesia (SMDR). Saham ini cukup terkenal, dan di IHSG hanya dijual dengan harga 360 perak. Artinya, jika kamu memiliki modal 100 ribu, kamu dapat membeli 2 lot saham SMDR.

4. Tunggu dan Lihat

"Tunggu dan lihat" adalah ilmu tingkat tinggi yang harus dimiliki oleh investor, khususnya pemula. Cara bermain saham dengan modal 100 ribu membutuhkan kesabaran tingkat tinggi. Terkadang, mudah untuk tergoda untuk menjual saham ketika baru menghasilkan keuntungan kecil.

Kesalahan umum yang dilakukan investor pemula adalah membeli saham ketika harga saham naik. Sebenarnya, yang terbaik adalah membeli saham ketika harga turun dan menjualnya saat harga naik.

Pada tahap ini, sebaiknya tidak terlalu sering memeriksa portofolio saham, karena ini tidak akan memberikan perubahan yang signifikan. Lakukan pengamatan saham seminggu sekali sambil mencari berita-berita saham yang telah dipilih. Ketiga saham di atas, yang saya rekomendasikan, memiliki valuasi yang murah dan sangat aman untuk investasi jangka panjang.

5. Jual Saham

Ada dua keuntungan dalam bermain saham, yaitu capital gain atau kenaikan nilai saham, dan dividen atau pembagian hasil keuntungan. Dengan modal 100 ribu, tentunya dividen yang diperoleh akan sangat kecil.

Namun jangan khawatir, karena saham masih memiliki potensi untuk berkembang dan harganya bisa naik. Jika ingin menjual saham, lakukanlah jika saham tersebut sudah naik 50% atau lebih. Atau jika ingin bersabar, lakukanlah penjualan saham jika sudah naik tiga sampai lima kali lipat.

Itulah panduan singkat tentang cara bermain saham dengan modal 100 ribu yang mudah dilakukan. Kunci terbesar dalam bermain saham adalah kesabaran, karena sebuah perusahaan yang sahamnya kita beli membutuhkan waktu dan konsistensi untuk berkembang.

Posting Komentar untuk "Mudah! Bermain Saham Modal 100 Ribu"