Apa Itu Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG)?

Apa Itu Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG)?

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) adalah gabungan nilai harga semua saham yang tercatat di Bursa Efek Indonesia (BEI). BEI sendiri adalah lembaga yang membuat sistem dan menyelenggarakan kegiatan jual beli saham secara sah di Indonesia.

BEI ibarat seperti sebuah pasar di mana terjadi jual beli produk. Produk yang dijual dalam pasar tersebut adalah saham, yang nilainya diklasifikasikan menjadi satu dan disebut Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG).

Di BEI sebenarnya terdapat sekitar 43 indeks saham. IHSG adalah indeks saham terbesar di Indonesia. IHSG mengelompokkan semua saham di BEI yang berjumlah 934 jenis saham dari berbagai perusahaan.

Selain IHSG, terdapat juga indeks saham lain seperti Indeks LQ45, yang mengukur 45 saham dengan fundamental terbaik di BEI. Ada juga Indeks Syariah, yang mengukur dan mengelompokkan saham-saham syariah di BEI.

IHSG memiliki beberapa fungsi; yang pertama sebagai penanda pergerakan saham. Jika nilai IHSG naik, maka sebagian besar saham di Indonesia mengalami kenaikan. Begitu pula sebaliknya, jika nilai IHSG turun, maka nilai saham sebagian besar juga mengalami penurunan.

Nilai IHSG yang naik menandakan hal positif bagi perekonomian Indonesia. Artinya, banyak investor tertarik untuk menginvestasikan uang mereka pada perusahaan-perusahaan di Indonesia. Hal ini membuat perputaran uang lebih besar, dan perusahaan dapat berkembang lebih lanjut.

Kedua, IHSG berfungsi untuk membantu investor melihat gambaran pergerakan saham secara umum. Investor akan terbantu dalam menilai perkembangan saham di Indonesia. Jika nilai IHSG terus positif, maka bukan tidak mungkin investor akan menambah uang untuk diinvestasikan.

Terakhir, IHSG berfungsi sebagai data untuk menilai perekonomian di Indonesia. Sepuluh tahun yang lalu, nilai IHSG hanya sekitar 2000 saja. Namun, nilai IHSG hari ini sudah mencapai angka 7000. Hal ini tentunya baik, dan menandakan bahwa ekonomi di Indonesia cukup berkembang.

Sekian pembahasan singkat tentang Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia (BEI). Secara keseluruhan, terdapat 45 indeks saham dalam BEI, namun IHSG adalah indeks saham yang paling sering digunakan untuk mengukur perkembangan saham-saham di Indonesia.

Posting Komentar untuk "Apa Itu Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG)?"